5 Rekomendasi Pondok Pesantren di Yogyakarta

Selasa, 30 April 2024 - 17:14 WIB
loading...
5 Rekomendasi Pondok Pesantren di Yogyakarta
Pesantren Modern Muhammadiyah atau dikenal dengan MBS didirikan pada tanggal 20 Januari tahun 2008, pesantren ini merupakan milik dari ormas terbesar di Yogyakarta yakni Muhammadiyah. Foto dok MBS
A A A
Selain memiliki perguruan tinggi unggulan, Yogyakarta juga mempunyai pondok pesantren (Ponpes) yang menjadi pusat menimba ilmu agama dari berbagai santri yang ada di seluruh penjuru tanah air.

Meskipun di Yogyakarta banyak Pesantren, berikut ini beberapa pesantren yang ada di Yogyakarta yang sering menjadi incaran calon santri karena mempunyai sistem pendidikan dan juga kurikulum yang bagus.

Dikutip dari pesantrenterbaik.com, berikut 5 rekomendasi Pondok Pesantren yang ada di Yogyakarta.

1. Pesantren Al Munawwir Krapyak

Pesantren Al Munawwir Krapyak didirikan oleh KH. Muhammad Munawwir pada 15 November 1911 lebih tepatnya ketika beliau kembali setelah menimba ilmu di Makkah dan Madinah selama 21 tahun.

Pesantren Al Munawwir Krapyak dalam sistem pendidikannya menerapkan sistem salaf. Fokus kajian dalam Pesantren Al Munawwir Krapyak adalah pada pengajaran AL Quran, maka tak heran jika lulusan dari pesantren ini mahir dalam bidang kitab suci AL Quran.

Selain mengajarkan ilmu AL Quran, pesantren ini juga mengajarkan tentang kitab - kitab kuning atau kutubussalaf assholih dan perkembangan pendidikannya juga dilengkapi dengan penerapan sistem madrasah.

2. Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Pesantren Wahid Hasyim didirikan pada 11 Maret tahun 1977 oleh Al-Marhum Al-Maghfurlah KH. Abdul Hadi As-Syafi'i, nama tersebut diberikan untuk menghormati seorang akademisi besar Indonesia yang juga ayah dari Gus Dur, yaitu KH Wahid Hasyim.

Dalam sistem pendidikannya pesantren ini mengajarkan tentang Program Tahfidz Al-Quran
Pengembangan Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris) dan juga Pengembangan Keterampilan Penguasaan Kitab At-Turats (Kitab Kuning).

Pesantren Wahid Hasyim juga menyediakan program pendidikan yang berfokus pada ilmu umum yakni mengikuti pendidikan SMP dan SMA Sains sedangkan jika santri inggin fokus ke dalam ilmu agama bisa mengikuti program pendidikan MI, MTS, maupun MA.

3. Pesantren Taruna Qur’an

Pesantren Taruna Qur’an didirikan oleh Ust Umar Budihargo pada tahun 1997, setelah beliau pulang menimba ilmu dari Universitas Islam Madinah.

Dalam sistem pendidikannya, para santri akan berfokus kepada pengajaran ilmu Al Quran, baik itu memahami dan mengamalkan Al Quran sesuai dengan pemahaman salafus shalih.
Para santri juga akan dibimbing untuk menghafal AL Quran 30 Juz yang akan ditempuh selama 3 tahun.

Selain itu Pesantren Taruna Qur’an menawarkan program pendidikan formal yakni MTS dan MA, Taruna Qur’an juga menyelenggarakan pendidikan KOBER, TK, Sekolah Autis, dan SDIT.

4. Pesantren Modern Muhammadiyah

Pesantren Modern Muhammadiyah atau dikenal dengan MBS didirikan pada tanggal 20 Januari tahun 2008. Pesantren ini merupakan milik dari ormas terbesar di Yogyakarta, yang juga menawarkan pendidikan formal selama 6 tahun yakni mulai dari SMP hingga SMA.

Dalam sistem pendidikan pesantren MBS ini memiliki program pendidikan Qiroatul Kutub; Tahfidz Al – Qur’an dan Al – Hadits Al – Lughah Al – Yaumiyyah (Bahasa Arab dan Inggris), Olahraga dan juga Bela diri (tapak suci).

5. Pesantren Islamic Centre bin Baz

Islamic Centre bin Baz berdiri sejak tahun 1993 menawarkan program pendidikan formal dan juga pendidikan pesantren.

Nama Bin Baz diadopsi di Arab Saudi dengan nama Mufti Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz dengan harapan dan cita-cita agar para santri dapat meniru ilmu, filosofi, kedermawanan dan kharismanya di hadapan umat.

Islamic Center Bin Baz menawarkan program pesantren sekaligus pendidikan formal tingkat PAUD, Madrasah Salafiyah Ula (MSU) setingkat SD non-asrama, Madrasah Salafiyah Wustha (MSW) setingkat SMP, Madrasah Aliyah (MA), I’dad Duat wal Aimmah dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.

Nah itulah rekomendasi Pondok Pesantren yang ada di Yogyakarta dengan menawarkan pendidikan formal berbasis pesantren yang sampai saat ini masih terus berjalan dan menjadi incaran para santri dari berbagai daerah.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)